EVALUASI PELAYANAN RESEP DALAM RANGKA KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETY) DI DEPO FARMASI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI JAKARTA SELATAN
Abstract
Keselamatan pasien (patient safety) adalah identifikasi, penilaian, analisa, dan manajemen risiko dan insiden keselamatan pasien, agar pelayanan pasien lebih aman dan meminimalkan cedera bagi pasien.
Upaya mewujudkan keselamatan pasien (patien safety) dalam pelayanan kefarmasian di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan salah satunya adalah dengan menerapkan Standar Prosedur Operasional (SPO) tentang Medication Error yang didalamnya menerapkan prinsip 7 (tujuh) benar yaitu; 1) benar dan jelas penulisan resep, 2) benar obat, 3) benar dosis, 4) benar waktu dan frekuensi, 5) benar rute / cara pemberian obat, 6)tidak ada duplikasi, 7) interaksi obat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data prospektif dari sampel sebanyak 300 lembar resep. di Depo Farmasi Instalasi Gawat Darurat RSUP Fatmawati Jakarta Selatan. Data yang diperoleh diolah dengan analisa statistik menggunakan “uji-T Paire Samples Test”.
Hasil analisa penelitian dengan menggunakan “uji-T Paire Samples Test” dengan program SPSS 20 dapat disimpulkan bahwa dengan nilai rata-rata ( 85,09%) secara umum pelayanan resep di Depo Farmasi Instalasi Gawat Darurat RSUP Fatmawati Jakarta Selatan untuk keselamatan pasien (patient safety) “sesuai” dengan prinsip 7 (tujuh) benar.