ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT “X” JAKARTA SELATAN TAHUN 2023

  • Safitri Elly Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
  • Dyah Ayu Rahmawati Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
Keywords: Pelayanan Rawat Jalan, Rumah Sakit, Kepuasan pasien rawat jalan

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan upaya kesehatan yang diselenggarakan baik secara perorangan maupun berkelompok dalam suatu organisasi dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan Kesehatan perorangan, keluarga, kelompok, ataupun masyarakat. Dalam melaksanakan hal tersebut, pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada masyarakat harus optimal dan bermutu baik. Tingkat kepuasan pasien sangat penting dan berhubungan erat dengan tingkat kunjungan kembali pasien sehingga hal ini dapat digunakan sebagai indikator terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Untuk dapat menilai tingkat kepuasan pasien tersebut, terdapat 5 (lima) dimensi penilaian terhadap kualitas pelayanan kesehatan, yaitu keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangible).

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh responden atau keluarga responden yang sudah menerima obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit “X” Jakarta Selatan dengan populasi sasaran adalah responden yang berusia 15 – 64 tahun. Dimana populasi yang didapat adalah sebanyak 24.220 orang. Jumlah sampel yang akan diambil adalah 394 Responden.

Dimensi yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi adalah kehandalan (reliability) dengan nilai persentase 76,1%, sedangkan dimensi yang memiliki tingkat kepuasan terendah adalah dimensi empati (empathy) dengan persentase 57,6%. Berdasarkan uji chi – square diperoleh nilai p – value > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik pekerjaan dengan kepuasan pasien.

Published
2024-07-02
How to Cite
Elly, S., & Rahmawati, D. (2024). ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT “X” JAKARTA SELATAN TAHUN 2023. JURNAL AKADEMI FARMASI BHUMI HUSADA JAKARTA, 11(2), 50-57. Retrieved from http://jurnal.akfarbhumihusada.ac.id/index.php?journal=BHJ&page=article&op=view&path[]=116