KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KAMAR OBAT PUSKESMAS KECAMATAN KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN

  • Pristiyantoro Pristiyantoro Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
Keywords: kepuasan, pelayanan, kamar obat, Puskesmas

Abstract

Kepuasan pasien adalah keluaran dari layanan kesehatan dan suatu perubahan dari sistem layanan kesehatan yang ingin dilakukan tidak mungkin tepat sasaran dan berhasil tanpa melakukan pengukuran kepuasan pasien. Salah satu peningkatan mutu pelayanan kefarmasian yaitu melalui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang telah diberikan. Pasien akan puas jika kinerja memenuhi harapan, sehingga tujuan akhir dari pelayanan kefarmasian di kamar obat Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama yaitu memperoleh kepercayaan masyarakat melalui kepuasan pasien dan keluarganya dapat tercapai.                           

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di kamar obat Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama dan pengambilan data dilakukan selama 5 hari pada bulan Juni tahun 2015. Pengumpulan data melalui kuesioner atau wawancara dan sampel yang diambil sebanyak 120 responden.

 Hasil penelitian yang didapat adalah kepuasan pasien terhadap sikap petugas kamar obat sebanyak (5,8%) sangat puas, (80,8%) puas, dan (13,3%) tidak puas. Pelayanan yang mengenai kecepatan pelayanan sebanyak (8,3%) sangat puas, (74,1%) puas, (17,5%) tidak puas. Informasi obat yang mengenai informasi terkait bila terjadi alergi, lupa minum obat, dan cara penyimpanan obat sebanyak (1,6%) sangat puas, (45,8%) puas, dan (52,5%) tidak puas. Kenyamanan fasilitas pelayanan yang mengenai ruang tunggu sebanyak (3,3%) sangat puas, (40,8%) puas, dan (55,8%) tidak puas.

Author Biography

Pristiyantoro Pristiyantoro, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Lecture of Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Published
2017-01-12
How to Cite
Pristiyantoro, P. (2017). KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KAMAR OBAT PUSKESMAS KECAMATAN KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN. Farmasi-QU Jurnal Pelayanan Kefarmasian, 4(1), 48-59. https://doi.org/10.56319/bhj.v4i1.14

Most read articles by the same author(s)