HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RS HELSA JATIRAHAYU BEKASI

  • Zuzana Zuzana Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
  • Gustiansih Eva Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pelayanan Rawat Jalan

Abstract

ABSTRAK

 

       Mutu adalah kepatuhan terhadap standar yang telah ditetapkan. Kualitas pelayanan kefarmasian di rumah sakit mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga kefarmasian dalam pelayanan obat kepada pasien. Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan pelayanan kesehatan yang mampu memberikan kepuasan kepada pasien.

      Metode penelitian dengan pendekatan cross sectional yaitu observasi ataupun dengan pengumpulan data sebanyak 360 responden, yang bertujuan untuk mengetahui evaluasi cara kerja petugas farmasi demi terjaminnya mutu standar layanan kesehatan dan menciptakan kepuasan terhadap pasien. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik uji Chi-Square.

      Hasil penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Helsa Jatirahayu Bekasi menunjukan bahwa karakteristik responden meliputi  umur tertinggi berumur 38-50 tahun total (39,2%) dan PValue=(0,00), tingkat pendidikan tertinggi adalah SMA total (63,9%) dan PValue=(0,00), jenis pekerjaan tertinggi adalah karyawan swasta total (36,9%) dan PValue=(0,00) maka dapat disimpulkan bahwa umur, tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien. Jenis kelamin tertinggi adalah laki-laki total (55,8%) dan PValue=(0,165) maka dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien.

Author Biographies

Zuzana Zuzana, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Lecture of Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Gustiansih Eva, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Published
2022-01-17
How to Cite
Zuzana, Z., & Eva, G. (2022). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RS HELSA JATIRAHAYU BEKASI. Farmasi-QU Jurnal Pelayanan Kefarmasian, 9(1), 45-53. https://doi.org/10.56319/bhj.v9i1.28

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>