GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) HIPERTENSI TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BUDHI PRATAMA JAKARTA TIMUR

  • Kartika Wahyu Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
  • Indriyani Erika Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Abstract

ABSTRAK

 

       Kepuasan pasien merupakan perasaan senang yang muncul di dalam diri seseorang setelah mendapat pelayanan yang diterima. Program Prolanis yang diselenggarakan oleh BPJS dengan Apotek PRB sebagai penyedia obat bertujuan untuk memelihara kesehatan pasien BPJS penderia penyakit kronis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasin prolanis hipertensi terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek PRB Budhi Pratama Jakarta yang terdiri dari karakteristik pasien, presentase kepuasan dari lima dimensi pelayanan dan hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode survey bersifat deskriftif dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 217 pasien dipilih secara accidental sampling. Data dianalisa dengan aplikasi SPSS 23 dan uji Chi-square.

       Hasil penelitian diperoleh karakteristik responden terbesar adalah berjenis kelamin perempuan (70%), umur > 65tahun (33,2%), pendidikan SLTA (39,2%), pekerjaan yang tidak bekerja (66,4%), dan pasien lama yang bergabung di prolanis hipertensi (71,9%). Presentase dari lima dimensi pelayanan, dimensi dengan rata-rata sangat puas dan puas berturut-turut dari dimensi kehandalan (reliability) 97,8%, ketanggapan (Responsiveness) 97,7%, keramahan (emphaty) 97,7%, bukti (tangible) 97,7% dan jaminan (assurance) 26,1%.Dari lima karakteristik pasien hanya jenis kelamin dan umur yang memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pasien (p value <0,05) dengan p value 0,007 dan 0,0024. Saran Penulis Perlunya peningkatan sosialisasi terkait sistem prolanis antara rumah sakit dengan klinik/puskesmas serta evaluasi rencana kebutuhan obat dari pihak Apotek.

Author Biographies

Kartika Wahyu, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Lecture of Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Indriyani Erika, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Published
2021-01-18
How to Cite
Wahyu, K., & Erika, I. (2021). GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) HIPERTENSI TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK BUDHI PRATAMA JAKARTA TIMUR. Farmasi-QU Jurnal Pelayanan Kefarmasian, 8(1), 64-76. https://doi.org/10.56319/bhj.v8i1.40