TINGKAT KEPUASAN PASIEN ASURANSI PLN ADMEDIKA TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA 202 KEJAYAAN

  • Safitri Elly Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
  • Astutik Desti Lia Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
Keywords: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Apotek Kimia Farma

Abstract

ABSTRAK

      Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting berkualitas dan merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan yang merupakan akibat pengaruh pelayanan kesehatan dan hal inilah yang membuat pengukuran kepuasan pasien menjadi komponen penting. Apotek Kimia Farma 202 Kejayaan merupakan sarana pelayanan kefarmasian yang menerapkan sistem pelayanan pembayaran tunai maupun tidak  kredit. Pelayanan kredit yang disediakan yaitu pelayanan berupa sistem kerja sama dengan instansi tertentu. Pelayanan kredit yang tersedia di Apotek Kimia Farma 202 Kejayaan diantaranya pelayanan BPJS dan asuransi PLN Admedika.

      Untuk menjaga kualitas pelayanan Apotek Kimia Farma 202 Kejayaan maka perlu dilakukan survei kepuasaan pelanggan asuransi PLN Admedika. Penelitian tentang kepuasan pasien ini dibagi menjadi beberapa dimensi kualitas pelayanan yaitu Keandalan (reliability), Daya tanggap (Responsivenes), Jaminan (assurance), Empati (emphaty), dan Bukti fisik (Tangible).

      Hasil penelitian dari 110 responden yang mengisi kuisoner berdasarkan karakteristik responden didapatkan hasil bahwa untuk jenis kelamin perempuan (64%), responden yang paling puas berusia > 65 tahun (66,1%), Pendidikan yang paling puas adalah Sarjana (50%), pekerjaan yang paling puas adalah pensiunan (67,3%), Dan penghasilan dalam rumah tangga yang paling puas adalah yang berpenghasilan <3Juta (42,9%). Untuk dimensi Kehandalan 80%, Daya Tanggap 73,6%, Jaminan 70,9%, Empati 73,6% dan Bukti fisik 62,7%.

Author Biographies

Safitri Elly, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Lecture of Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Astutik Desti Lia, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Published
2020-01-20
How to Cite
Elly, S., & Lia, A. (2020). TINGKAT KEPUASAN PASIEN ASURANSI PLN ADMEDIKA TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KIMIA FARMA 202 KEJAYAAN. Farmasi-QU Jurnal Pelayanan Kefarmasian, 7(1), 35-46. https://doi.org/10.56319/bhj.v7i1.49