PENGARUH IKLAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN OBAT BATUK DI KELURAHAN SUKAMANAH KECAMATAN JONGGOL KABUPATEN BOGOR

  • Sari Wahyu Kartika Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
  • Setiawan Muhammad Arif Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta
Keywords: Pengaruh Iklan, Perilaku Pembelian Obat Batuk

Abstract

ABSTRAK

 

      Perilaku merupakan suatu bentuk aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Perilaku manusia dapat diartikan sebagai proses interaksi manusia dengan lingkungan. Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang. Hal ini dimungkinan karena daya jangkaunya yang luas. Iklan juga menjadi instrument promosi yang sangat penting. Khususnya bagi perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang ditunjukan kepada masyarakat luas. Belanja iklan di Indonesia pada tahun 2017 meningkat 8% dari tahun sebelumnya dengan nilai yang mencapai Rp 145.Triliun. Pertumbuhan nilai ini lebih didorong oleh kenaikan harga gross rate iklan di masing-masing media. Demikian menurut hasil temuan Nielsen Ad Intel yang dirilis oleh Nielsen Indonesia. Porsi belanja iklan masih didominasi oleh media TV sebesar 80% dari total belanja iklan yang tumbuh 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara porsi belanja iklan di media cetak menunjukkan trend penurunan seiring dengan berkurangnya media cetak yang beroperasi. Maka dari itu saya tertarik meneliti “pengaruh iklan terhadap perilaku pebelian obat batuk di Kelurahan Sukamanah Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Iklan terhadap pembelian obat batuk di Kelurahan sukamanah Kecamatan Jonggol Kabupaten bogor.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sampel yang diambil 250 responden berasal dari 13 RW. Sampel diambil secara random, data yang dianalisis univariat dan bivariat menggunakan program SPSS 24.

Hasil penelitian dari 250 responden (95,6%) yang terpengaruh oleh iklan, yang melakukan pembelian obat batuk sebanyak 234 responden (93,6%), obat yang banyak digunakan yaitu OBH sebanyak 70 responden(28,0%).

Author Biographies

Sari Wahyu Kartika, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Lecture of Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Setiawan Muhammad Arif, Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Akademi Farmasi Bhumi Husada Jakarta

Published
2020-01-20
How to Cite
Kartika, S., & Arif, S. (2020). PENGARUH IKLAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN OBAT BATUK DI KELURAHAN SUKAMANAH KECAMATAN JONGGOL KABUPATEN BOGOR. Farmasi-QU Jurnal Pelayanan Kefarmasian, 7(1), 72-77. https://doi.org/10.56319/bhj.v7i1.53