TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UNIT PELAYANAN OBAT PUSKESMAS KECAMATAN KEBAYORAN BARUJAKARTA SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan kefarmasian di Puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, dan berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Pasien akan puas jika kinerja petugas memenuhi harapannya. Oleh karena itu, perlu adanya survey kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian.
Penelitian ini dilakukan dengan metode servei deskriptif. Yaitu suatu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan suatu keadaan dalam suatu komunitas/masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Unit Pelayanan Obat Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan pengambilan data dilakukan pada periode Maret-April 2018. Pengumpulan data melalui kuesioner, sampel diambil sebanyak 200 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap sikap Apoteker/Petugas Farmasi sangat puas (45,5%) dan puas (54,5%). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yaitu sangat puas sebesar (36,25%), puas (54,5%) dan tidak puas (9,25%). Tingkat kepuasan pasien terhadap informasi obat yang diberikan oleh petugas farmasi yaitu sangat puas (60,5%), puas (37,6%) dan tidak puas (1,9%). Tingkat kepuasan pasien terhadap kenyamanan fasilitas yaitu sangat puas (19%), puas (62,25%), dan tidak puas (16,75%).